Skip navigation

Ah, sudah lama rasanya saya ga nulis yang cenderung “normal”, maksudnya sesuatu yang bukan bahasan detail atas sesuatu selain masalah dan cerita di hidup saya sendiri. Anggap lah mungkin saya lagi pengen curhat dan cerita dengan sangat randomnya di pagi2 ini.

Pagi ini… saya merasa rada setengah gila… otak saya didominasi “Kulit manggis… kini ada ekstraknya…” Semprul!

Saya… pagi ini baru selesai ujian yang saya selesaikan cuma dalam 30 menit dari total 120 menit yang disediakan. Ujian pagi ini adalah ujian Dasar Pemuliaan Tanaman kelas B. Keluar ruangan, semua pada heboh dan sebagian memasang muka –> 😮

Saya bukan tipe orang yang ketika diberi soal esay, saya akan berpikir kembali untuk memperbaikinya. Alasan? Bakal nyoret2, buang2 tip x dan saya terbiasa sejak lama, apalagi di kampus saya ini ada dosen yang kalau di ujian ada coretan, nilai akhirnya langsung E. Ntah apa yang dipikirkan pak dosen satu itu lah. Oke, saya sedang puasa dan ga mau bahas orang lain, jadi mari kita kembali ke cerita awal.

Hidup saya… sedang cukup random akhir2 ini dan sejujurnya saya sedang membutuhkan kadar asam amino triptofan yang lumayan di tubuh saya untuk meningkatkan biosintesis hormon yang menyebabkan rasa bahagia, serotonin. Ntah, apakah ini dampak saya lagi agak menghemat sebelum pulang atau apa. Sekedar info, asam amino itu bisa didapat dari makan ikan laut khususnya salmon, keju, anggur, dan susu. Makanan yang secara notabene nya cukup berharga menengah ke atas. Saya belajar dari kesalahan saya pas S1 di mana saya cukup hedon dalam menggunakan uang bulanan saya. Sekarang? Saya sebisa mungkin hanya mengeluarkan Rp 50 ribu dan akan dikeluarkan dalam 2-3 hari sebelum saya menarik lagi dari ATM.

Kehidupan saya akhir2 ini, lagi cukup… random. Ga berantakan, ga menyedihkan, cuma ntah… saya merasa ada sesuatu yang kurang.

Mari kita bahas rutinitas saya di bulan ini, khususnya di bulan suci ini:

Dini hari, jam 2:40 AM saya makan sahur. Hingga hari di mana tulisan ini dibuat, saya setiap sahur hanya makan setengah potong roti besar dengan dimensi 30 cm x 2 cm x 10 cm berbentuk elipsoid berdasar rata. Orang2 mungkin mikir, ga kenyang apa Dit? Kenyang. Saya tiap sahur minum 400 – 600 mL, terus makan roti itu. Roti itu pun lengkap dengan serat karena roti jenis dengan tepung berwarna coklat (ntah dia wholemeal atau oat atau rye). Di atas roti ada taburan oat giling dan biji bunga matahari yang lumayan sebagai sumber protein dan vitamin E. Saya nonton Legend of Korra season terbaru, Book 3: Change, atau saya nonton Kamen Rider Gaim. Abis itu saya nunggu subuh, sholat, dan tidur. Di WC, kadang saya “nongkrong” sambil melihat teman saya… laba2 sutra yang kakinya panjang dan ramping itu makan serangga yang ngeganggu di kamar mandi saya. Nice job, bro… (maaf… saya lagi aneh dan ngomong sama laba2)

Pagi, biasanya kalo ga ada ujian (udah ga ada kuliah) saya tidur lagi setelah sekedar stretching dan menghirup udara pagi (yang kadang terganggu kalo tiba2 tetangga bakar sampah). Jam 9 an, kalo ga ada ujian, saya akhir2 ini dapat tugas 6 buah makalah. Sebenarnya bagi yang lain agak non-esensial gara2 kasus tahun lalu yang nilai keluar sebelum makalah dikumpulkan. Cuma, ntah saya merasa harus membuat makalah2 ini. Makalah2 ini adalah tentang laporan dari hasil praktikum kuliah Ilmu Biji. Ada 6: Poliembrioni, Vigor Biji, Viabilitas, Uji Tetrazolium, Deterioriasi Biji, dan Percobaan Mandiri. Konyolnya, percobaan 1 gagal gara2 salah perlakuan, vigor juga gagal, viabilitas ada datanya, uji tetrazolium ada datanya, biji di percobaan pencegahan deteroriasi pada jamuran, dan satunya lagi percobaan mandiri saya yang cukup spektakuler. Dengan kata lain, 3 dari 6. Ambisi gila saya membuat saya merasa harus bisa mensintesis dari data yang ada walau gagal sehingga meski dari data yang salah, analisis masih bisa didapat (walau jelas2 lain).

Masalahnya adalah, sebenarnya saya terlatih untuk berpikir cepat dalam menulis paragraf metodologi dan latar belakang, apalagi latar belakang tanpa pustaka. Cuma… ntah… saya merasa kurang mood dan rada malas akhir2 ini. Saya sejujurnya butuh motivasi lebih untuk ini.

Mungkin saya sudah membayangkan Jakarta. Pulang. Rumah. Di mana hati tertambat… yah… cinta… persahabatan… keluarga…

Tengah bulan ini, saya bakal mengalami ujian terbesar. Di kala ujian akademi saya sudah beres, ketika pengamatan jagung saya di ladang hampir beres, ketika tanggal 10 makalah harus selesai semua, laptop saya harus diservis sesegera saat itu. Laptop yang menjadi saksi segala percintaan, karir, dan perkembangan diri saya dari 11 Agustus 2011 ini, sudah berumur dan “kesehatan” batere nya hampir 10% dengan daya tahan setengah jam lebih saja (dari seharusnya 6 jam ketika 100%). Ketika laptop diservis, itu tandanya saya harus mencari aktivitas lain selama hampir 1 bulan yang melewati hari Idul Fitri dan hari ulang tahun saya itu. Mungkin saya perlu latihan menggambar2 kreatif lagi dengan Sketchbook saya. Soalnya tiap saya jalan2 dan memotret, telepon genggam saya memorinya hampir penuh.

Memasuki Agustus, saya berencana ikut kursus buat robot di Robota dekat kampus. Saya penasaran… semoga saya bisa buat robot yang nyentrik dan ekso-armor saya sendiri.

Menariknya lagi, saya bertemu banyak orang akhir2 ini. Komunitas Couchsurfing Yogya yang semakin rame dan heboh dengan gathering2 dan turis yang datang. Teman2 baru di Yogya, tempat2 baru untuk dikunjungi. Bahkan teman saya dan adek kelas saya, Putri, menemukan komunitas Synthetic Biology di Yogya. Ini menarik.

Agustus… saya harus menemukan langkah buat mencari kerja sampingan di Yogya, di majalah… saya pengen menjadi kontributor kuliner/FnB lagi…

Saya juga butuh memutuskan… ke mana saya abis ini. Pilihan bidang semakin banyak, dan tesis perlu dikerjakan dengan ketersediaan data. I have experiments to run, I have research to be done… for the people who are still alive…

Tapi… saya ntah merasa mau pulang…

(Ma, Pak, Rif)… Nit… Ki, Ji, No… gw kangen kalian…

-AW-

3 Comments

  1. 1. Kok daftar acara praktikumnya saya pada kenal ya? Itu di Teknologi benih, semester 4. Hahaha….
    2. Pak dosen yang itu….. ya…. gimana ya?
    3. Laptop, GWS ya!
    4. Kangen rumah? Kayaknya semua orang pada pengen pulang bulan ini. Apalagi saya: rumah, keluarga, teman-teman SMA saya, sekolahan, semuanya….. (kalau mau nangis ya nangis aja mas, manusiawi kok). Kalau saya sih udah biasa ga pulang. Soalnya dimanapun saya berada, disanalah kampung saya. Indonesia. *tisu mana tisu?
    5. Soal fokus bidang, itu paling sensitif di sini. Apalagi kalau minatnya banyak, dan bidangnya beda-beda. Seandainya bisa expert di semuanya….

    • Hehe… thanks Put!

      Anyway… no one can be good at everything. You can be a “jack of all trade” but you will be have less mastery on every subject. Hence, jack of all trade, master of nothing.

      You can be an omniscientifical scientist, but trust me… every course of science will need a bridge and later, you’ll see them as one. Kamu ga basal bisa fokus ke subject itu kalo kamu anggap semuanya terpisah.

      Yah, tapi… ayo semangat buat rencana2 SynBio!

  2. Iya, seperti perbandingan ilmuwan di Amerika dan Eropa.
    Satunya segi tiga terbalik, satunya piramida. SynBio? Ayo, tapi saya dari jarak jauh selama 2 bulan. Semester depan deh.
    …”you’ll see them as one” ini namanya pemahaman tingkat filsuf. Kata pak dosen, Ph.D itu beda dengan profesor. Kalau profesor dia bisa “see them as one”. Ph.D, belum tentu. Makanya, namanya guru besar.
    Mas, cari info juga di ITB soal SB, mereka udah sampai mana? Pengen belajar ke situ jadinya.


Tinggalkan Balasan

Bunny Eats Design

Happy things, tasty food and good design

Cooking in the Archives

Updating Early Modern Recipes (1600-1800) in a Modern Kitchen

sapereaude

Go ahead Universe, ping-pong Me as You please..

Jurnal Amdela

Saya menulis, maka Saya ada.

Mawi Wijna on WordPress

Just another Wijna's weblog

ARief's

just one of my ways to make history

mechacurious

curiosity on mechanical stuff, hobbies, and some more...

TOPGAN ORGANIZATION

TOPGAN organisasi yang turut membangun bangsa

ramdhinidwita

Please Correct Me If I am Wrong

Ganarfirmannanda's Blog

Just another WordPress.com weblog

My Life in Europe

because studying abroad isn't always about studying.

Silent Servant's Notes

Short Way to Serve Well

The Strangeman

Melihat Dunia Lewat Kacamata Pijar Riza Anugerah

Being Slaved by Figures

one figure at a time

the bakeshop

bread hunter + cycling + travelling + urban ecology + architecture + design

Catatan Perjalanan Sang Bayu

I know who I am. I know what I want. What about you?

Hari Prasetyo's Blog

Just super stories of my life

