Skip navigation

Kali ini saya akan membahas sebuah web atau situs yang saya sering kunjungi, dan sekarang yang akan saya bahas adalah TvTropes.org. Terima kasih kepada Anargha Setiadi (FMIPA Biologi UI 2008 – Al Izhar Angkatan XI) yang meracuni saya dengan situs ini.

Situs ini tidak berisi jokes implisit seperti 9gag.com (yang mungkin pembaca penasaran mengapa saya membahas situs ini), tapi ini adalah situs analisis untuk film (dari layar lebar yang terbaru sampai film TV jadul), permainan (baik yang digital sampai yang di atas papan), manga-komik-anime-kartun barat (mulai dari Naruto, Amazing Spider Man Comics, terus One Piece seri sampai Avatar: The Last Airbender), novel, hingga bahasan dunia nyata sekalipun seperti Indonesia, Adolf Hitler, dan semacamnya.

Saya akan menjelaskan istilah penting di sini: Trope, istilah ini artinya kata2 istilah metaforik yang dipakai untuk mengekspresikan sesuatu.

Sekarang, mari kita buka halaman utamanya

TvTropes - Main

Selamat datang ke TvTropes.org, ini adalah halaman utamanya.

Gambar di atas itu adalah gambar halaman utaman situs ini. Bagian hitam yang saya tutup itu adalah iklan2 yang saya ga mau rugi jadi saya tutup aja deh. Dimulai dari bagian atas, ada kolom pencarian. Situs ini bekerja sama dengan Google untuk pencarian internal situs. Kita bisa memasukkan nama film, buku novel, komik, atau apa yang kita mau cari di sini lalu tekan “Enter” untuk memulai pencarian. Ketika mencari, cari hasil yang mewakili judul utama (bukan sub-page) dengan ada kata2 seperti yang tercantum di blok biru bawah ini:

TvTropes - Tropes

Maksud saya yang Anime and Manga, sampai Western Animation. Ini referensi aja, maksudnya kalau mencari di kolom pencarian nanti bakal ada yang seperti yang tercantum di atas, atau ada yang Nightmare Fuel, Tearjerker, dan lain2. Tapi pilih yang kategorinya ada di atas karena itu menunjukkan halaman utama.

Sekarang, misalnya saya mau mencari tentang StarWars…

TvTropes - SW1

JREEENG!! Jengjengjeeeng jengjengjengjengjengjengjengjengjeeeeeng teteteteteeeet teeeeet teteteteeeteeet teteteteeeeetet teteteteeeet… oke cukup!

Ayo kita kupas:

  1. Judul: Franchise: Star Wars. Kenapa di sini ditulisnya Franchise, bukan Film atau disebut Main? Karena Star Wars itu banyak franchise atau produk waralaba nya. Dari komik, film animasi, novel, sampai film layar lebar ada semua. Film ini udah booming dari 1960-an dan penggemarnya sangaaat banyak.
  2. Di bawah judul biasanya ada kutipan tagline atau kata2 terkenal yang diucapkan pemain film.
  3. Sebelah kanan ada gambar utama.
  4. Di bawah tagline ada penjelasan singkat.
  5. Di bawahnya lagi biasanya ada sinopsis pendek atau kisah pengembangan dari topik terkait (dalam hal ini dibahas prekuel, sekuel, dan film2 terkait).
  6. Di atas halaman (sebelum judul) ada sub-halaman (mulai dari Discussion hingga Fanfic Recs), ini juga ada lebih detail di bagian kiri halaman yang akan saya bahas selanjutnya.

Lalu…

TvTropes - SW2

Perhatikan di sebelah kiri, di bawah tulisan “On The Tropes”

Bagian sub halaman ini adalah penjelasan tambahan menggunakan persepsi2 yang dalam mengenai film ini. Nanti akan saya bahas setelah yang satu ini.

TvTropes - SW3

Nah, di bagian bawah ini… yang panjaaaang banget dan bentuknya poin2 ini adalah bagian utama Tropes mengenai film ini.

Kita bisa mengulas atau menganalisis film/topik yang kita cari satu2 dari A sampai Z (biasanya bakal terbagi2 banyak jika filmnya udah sangat terkenal). Di sini kita bisa merombak dan mencoba mengerti setiap detail dari elemen film kita. Memang banyak, tapi kita bakal dapat sangat banyak istilah baru di sini dan persepsi2 detail atas film ini.

Kemudian ada yang namanya sub-halaman atau SubPage. Ini isinya adalah Tropes spesifik, persuasif, dan bisa membuat kita berpikir dalam atas topik yang kita cari. Ada beberapa di sini:

  1. Awesome. Isinya bagian2 keren dari film yang kita sedang telaah.
  2. Characters. Daftar karakter di dalam film.
  3. De. Halaman berbahasa Jerman.
  4. Drinking Game. Buka bagian ini untuk permainan minum. Siapkan minuman dan siap2 kembung.
  5. Famous Last Words. Kata2 terakhir pemain di film ini yang tewas di dalam cerita film.
  6. Fanfic Recs. Bagian yang isinya daftar karya2 fan (fanfic) terkait film ini.
  7. Film. Biasanya nyambung ke halaman utama.
  8. Franchise. Sama, biasanya nyambung ke halaman utama.
  9. Fridge. Istilah yang artinya sesuatu yang tersimpan pada awalnya, dan kita ga bakal meng-iyakan sampai kita berpikir lagi. Ada Fridge Brilliant, hal yang “Oh iya juga ya! Keren abis!”, Fridge Logic yang “Anjrit! Gw ga kepikiran lah…”, dan Fridge Horror yang “Gila… kok gw pikir2 serem ya… eh iya, parah!”
  10. Funny. Pengulasan bagian2 kocak di film ini.
  11. Headscratchers. Jika kita mau diajak berdiskusi dan berpikir soal film ini oleh para penulis Tropes ini, silahkan masuk.
  12. Heartwarming. Pengulasan bagian yang sangat bikin kita, “Aaaaaaaaaawwwww…” atau terharu.
  13. Image Source. Gambar2 dari film ini.
  14. Laconic. Penjelasan2 lakon di film ini.
  15. Main. Kembali ke halaman utama.
  16. Monster. Pengulasan karakter2 terjahat atau tersadis di film ini secara detail.
  17. Narm. Pengulasan bagian yang seharusnya serius tapi malah jadi kocak.
  18. Nightmare Fuel. Pengulasan secara dalam bagian2 yang bisa ngebuat kita merinding sendiri kalau ngebaca bagian ini. Khususnya jika kita mencari film2 yang horror, pastikan mental kita cukup kuat untuk membahas bagian satu ini.
  19. Pinball. Produk pinball dari film ini (kalau ada).
  20. Referenced By. Bagian yang isinya daftar film, literatur, atau media yang merefer film yang kita cari. Biasanya semakin film terkenal, film ini akan berdampak ke mana2. Misal, di Digimon ada Vademon yang konsepnya dari Darth Vader.
  21. Tear Jerker. Pengulasan bagian2 yang mengharukan dan sedih, jika kalian sensitif, siapkan tisu karena penulis halaman ini sangat jago mengupas ini dari film utama.
  22. Trivia. Hal2 trivial dari film ini.
  23. Tropes Namer. Hal2 di film ini yang menjadi Tropes utama di situs ini.
  24. WMG (Wild Mass Guess). Isinya tebakan orang2 atas hal2 di film ini.
  25. What An Idiot. Pengulasan bagian yang harusnya A, tapi karena si karakter itu dodol (atau cuma ngikutin skrip) jadi B dan itu jadinya bodoh.
  26. Woobie. Pengulasan yang isinya karakter2 yang membuat kita bakal ngerasa kasian sama mereka.
  27. YMMV (Your Mileage May Vary). Bagian yang isinya pendapat2 yang beda2 dampaknya ke tiap orang atas film ini.

Dari sekian banyak sub-halaman yang ada, saya cuma mau bahas 3 aja:

TvTropes - SW NF

Parental discretion is advised.

Jika warna halaman kalian berubah jadi nuansa merah darah, hitam, dan abu2, artinya kalian baru masuk segmen Darth Wiki. Isinya gelap secara konten, berpotensi membuat kita berpikir beda secara negatif atas topik yang kita buka (karena bagian sub halaman De-throning yang isinya ulasan2 jelek atas film/topik kita juga termasuk segmen ini). Contoh lain adalah sub halaman Narm dan yang saya suka buka, Nightmare Fuel kayak yang ada di atas.

Lihat? Baru buka aja udah ada Anakin Skywalker dioperasi dengan badan penuh luka bakar. Siap2 merinding kalau buka bagian ini. Link kaitan yang juga akan terhubung ke halaman ini adalah High Octane Nightmare Fuel. Halamannya sama, tapi ini adalah indikasi kalau bagian sub halaman ini memiliki tingkat horror yang lebih tinggi. Sebenarnya kenapa bagian ini seram? Letaknya lebih ke pembahasan hal2 terkait penyebab bayangan2 kematian dan rasa sakit, paranoid, ketakutan utama manusia (human primal fear, yang terdiri dari sadisme, bayang2 kematian di sekitar kita, benda2 berbahaya, monster, binatang buas yang mengerikan, raksasa, kondisi termakan hidup2, fobia personal seperti pada ruang tertutup, kemunculan dadakan, dan semacamnya). Semua teramplifikasi dan dikombinasi ke Trope ini.

TvTropes - SW TJ

Siapkan tisu ke muka Anda, saudara2.

Nuansa warna biru dan abu2 merujuk ke segmen (yang saya belum tau namanya) yang memicu kita untuk berpikir logis dan menggunakan perasaan di saat yang sama. Ada sub halaman HeadscratchersWMGFridge, dan juga Tear Jerker di sini. Misal Tear Jerker buat Star Wars.

Klik gambar di atas, pastikan Anda merenunginya dalam2. Kalau Anda sensitif, siapkan tisu untuk air mata. Penyebab kesedihan di sini? Sebenarnya Trope ini persuasif atas perasaan kesedihan yang ada di film. Biasanya terkait faktor perpisahan, pengkhianatan, kesedihan yang dalam, rasa kehilangan, dan semacamnya. Nonton Frozen? Di sini kita bukan sekedar membahas “Anna yang sedih karena ditinggal Elsa”, tapi lebih ke “Bayangkan perasaan Anna saat itu, kedua orang tuanya meninggal, Elsa selalu menghilang, selama belasan tahun ia harus berhadapan dengan kondisi itu terus dengan penuh kesedihan. Bisa dimengerti mengapa ketika pintu istana dibuka ia begitu senang.” Atau di Star Wars, “Anakin Skywalker berusaha melindungi Padmé dari kematiannya, tapi begitu ia sudah merasa memiliki kekuatan yang besar, ternyata yang menyebabkan kematiannya tak lain adalah Anakin sendiri. Ditambah dengan siksaan fisik dengan tubuh mekanik, hingga ia bertemu Luke ia dipaksa berhadapan dengan segala kegelapan pada dirinya sendiri.”

TvTropes - SW HW

Waaaaaaaaaaaa…

Jika kita masuk ke segmen yang warnanya pink, kuning, biru muda, dan putih ini, kita baru aja masuk segmen Sugar Wiki. Segmen ini adalah 180˚ kebalikan dari Darth Wiki. Isinya tenang, lucu, mengharukan secara positif, kadang ngebuat kita tersentuh sama hal2 yang menggemaskan, atau bahkan kita bisa termotivasi di segmen ini. Yang paling terkenal adalah sub halaman FunnyAwesome, dan Heartwarming. Di atas misalnya adalah bagian Heartwarming dari Star Wars. Buka aja, paling nyengir2 sendiri.

Sisanya, silahkan eksplor SETIAP Tropes yang disuguhkan di halaman2 yang ada. Oh iya, kadang kita menemukan tulisan yang diblok putih untuk menghindari spoiler besar. Cara menghilangkannya? Jadi anggota. Gratis kok. Terus setting aja untuk show/visible all spoilers.

TvTropes dibilang “menyesatkan”. Kenapa? Karena sekali kita buka 1 Trope, kita bakal terdorong untuk membuka Tropes lain dan seterusnya sampai ga ada berhenti2nya. Saya pernah seharian nyangkut di TvTropes dari yang awalnya membahas Star Wars, nyambung ke anime random, terus ke penjelasan biologi alien di film2, sampai tentang Magitek (kombinasi sihir dan teknologi).

Situs ini pas buat kita yang mau belajar untuk jadi analis atau pengulas film, novel, atau semacamnya karena di sini kita akan latihan mengulas dengan SANGAT DETAIL untuk setiap isi dari subjek yang kita mau baca. Tambahan lagi, pengetahuan kita bakal bertambah, dan keluwesan kita dalam berbahasa Inggris akan semakin terasah karena kosakata di sini sangat beragam, tapi disajikan dengan simpel… bukan sebagai topik berat dan ilmiah. Dijamin kosakata kita bertambah, makin keren, dan makin gaul… dan juga bebas alay bahasa! Gila nya, bahkan ada referensi bahasa Latin kalau kita mungkin tertarik mau buat novel fantasi atau semacamnya!

Ah… bahkan kita juga bisa dapet referensi lagu2 epic, khususnya yang ga ada sembarangan di OST filmnya tapi ada di trailernya!

Jadi… untuk memulai pagi ini, ini… saya kasih motivasi buat kalian!

Kalian ga pernah sendiri, kalian akan selalu ada bersama orang yang sayang sama kalian walau dia udah ga ada, dan mereka yang peduli sama kita akan selalu ada. Yang penting selalu berbuat baik dan semangat setiap saat!

Have a nice day, readers!

-AW-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Learning The Blues

Be blue, be smart

Bunny Eats Design

Happy things, tasty food and good design

Cooking in the Archives

Updating Early Modern Recipes (1600-1800) in a Modern Kitchen

sapereaude

Go ahead Universe, ping-pong Me as You please..

Jurnal Amdela

Saya menulis, maka Saya ada.

Mawi Wijna on WordPress

Just another Wijna's weblog

ARief's

just one of my ways to make history

mechacurious

curiosity on mechanical stuff, hobbies, and some more...

TOPGAN ORGANIZATION

TOPGAN organisasi yang turut membangun bangsa

ramdhinidwita

Please Correct Me If I am Wrong

Ganarfirmannanda's Blog

Just another WordPress.com weblog

My Life in Europe

because studying abroad isn't always about studying.

Silent Servant's Notes

Short Way to Serve Well

The Strangeman

Melihat Dunia Lewat Kacamata Pijar Riza Anugerah

Being Slaved by Figures

one figure at a time

the bakeshop

bread hunter + cycling + travelling + urban ecology + architecture + design

Catatan Perjalanan Sang Bayu

I know who I am. I know what I want. What about you?

Hari Prasetyo's Blog

Just super stories of my life

%d blogger menyukai ini: