Skip navigation

Hmmm… ntah mungkin pembaca sekalian udah pernah dapet info yang sama atau mirip2 sama yang satu ini. Info ini saya dapatkan dari Tumblr teman saya. Saya taruh di Facebook page saya sendiri, dan dalam kurun waktu tertentu sampe 69 share.

Jadwal Fisiologis

Ternyata badan kita ada jadwal piketnya ya… (dari apa yang tulis di credits gambar, sumber gambar info ini dari sini)

Untuk yang satu ini, saya ga mau menyanggah atau bagaimanapun, karena saya belum nyari punya teori pembanding yang bisa memperkuat atau melawan info ini. Saya pernah melihat versi yang agak sama di wikipedia, tapi yang ada saat saya share malah ada yang meragukannya. Ntah yang mana yang benar, tapi yang jelas saya cenderung mau berbagi pengalaman selama saya cukup mengikuti konsep di atas ini. Tapi untuk apapun itu, saya harap kalian semua yang membaca ini mau terus mencari lebih lanjut untuk membuktikan kebenarannya, sebagaimana yang saya akan selalu anjurkan begitu kalian membaca artikel saya di blog ini (kecuali saya cantumkan referensi ilmiah di bagian akhirnya).

Ada 2 hal sih, yang pertama adalah soal waktu tidur. Saya cukup setuju dengan apa yang dijelaskan di gambar ini. Sesuai yang tertera, saya sekarang cenderung bersantai penuh (dengan musik) jam 9-11 malam dan mengusahakan mulai tidur jam 11 malam atau setidaknya jam setengah 1 dini hari (kalau masih susah tidur) dan bangun sekitar jam 5 pagi. Sejak saat itu, badan saya rasanya lebih segar pas bangun. Benar2 kerasa pas sholat subuh, yang biasanya rasanya lemas sekali (kecuali saya lagi sakit atau kelewat lelah kemarinnya) rasanya pas bangun lebih segar. Parameternya adalah pas bangun gak pusing, suhu badan normal (gak panas), dan cenderung bisa merespon dengan baik saat ditanya. Kemudian pas saya bangun pun, saya langsung pengen ke WC buat BAB. Biasanya saya baru ke WC jam 7-9an. Yah, saya harap kerja organ dalam saya lebih baik jadinya. Saya sekarang juga cenderung menghindari tidur sehabis makan.

Yang kedua, yang menarik adalah soal waktu makan. Saya cenderung set waktu makan saya pas pagi jam 8-9an, lalu makan siang dengan input (ini saya tambahkan sendiri ya aturannya) lebih banyak serat atau protein ketimbang karbohidrat dengan porsi benar2 di ambang batas sebelum kenyang dengan minum air atau jus (bukan minum soda). Ngemil biasanya saya lakukan sedikit2 antara jam 2 siang hingga jam 6 sore dan saya lebih menghindari cemilan berat dalam porsi besar (sesekali jadinya saya makan keripik kentang saja atau kue tradisional kayak kue putu). Dengan demikian, kesempatan badan jadi berat di perut akibat kekenyangan yang mengakibatkan ngantuk berkurang hampir sama sekali. Di atas jam 7 malam? Saya ga makan sama sekali, dengan kata lain saya ga makan malam (ya kalau makan malam saya sesekali aja biasanya pas weekend kalo diajak keluarga atau kalo ada traktiran, hehehe… kalau makan pun, saya sekarang cenderung memilih tanpa nasi, lauk ikan atau daging ayam aja). Hasilnya? Berat saya dengan pola makan-tidur seperti ini saya berhasil mengurangi berat badan minimal (yang biasanya terukur pagi2 setelah ke WC) dari 92 Kg ke 88.5 Kg dalam waktu sekitar 1-2 bulan!

Olah raga? Saya saat ini ikut bela diri khas Jepang, kendo, yang lebih melatih koordinasi dan gerak di bagian tubuh atas, dan sesekali saya jalan cepat, atau kalau saya di rumah saja, saya akan lebih sering naik-turun tangga. Mungkin kalau ada aktivitas seperti renang akan lebih efektif.

Jadi… begitulah pengalaman saya, lebih tepatnya sih pengalaman diet saya. Sekali lagi, kalau pembaca punya anggapan lain? Mengapa tidak untuk di share di sesi komentar?

Cheers!

AW

———–

Iklan: Mampir ke majalah lifestyle ini yak! Saya jadi kontributornya lho! Sangat menambah info dan pengetahuan lho! Baca issue #8 dari ShoppingMagz di sini!

Tinggalkan Balasan

Bunny Eats Design

Happy things, tasty food and good design

Cooking in the Archives

Updating Early Modern Recipes (1600-1800) in a Modern Kitchen

sapereaude

Go ahead Universe, ping-pong Me as You please..

Jurnal Amdela

Saya menulis, maka Saya ada.

Mawi Wijna on WordPress

Just another Wijna's weblog

ARief's

just one of my ways to make history

mechacurious

curiosity on mechanical stuff, hobbies, and some more...

TOPGAN ORGANIZATION

TOPGAN organisasi yang turut membangun bangsa

ramdhinidwita

Please Correct Me If I am Wrong

Ganarfirmannanda's Blog

Just another WordPress.com weblog

My Life in Europe

because studying abroad isn't always about studying.

Silent Servant's Notes

Short Way to Serve Well

The Strangeman

Melihat Dunia Lewat Kacamata Pijar Riza Anugerah

Being Slaved by Figures

one figure at a time

the bakeshop

bread hunter + cycling + travelling + urban ecology + architecture + design

Catatan Perjalanan Sang Bayu

I know who I am. I know what I want. What about you?

Hari Prasetyo's Blog

Just super stories of my life

