Skip navigation

Baru2 ini, saya dapat sharing page di Facebook yang isinya kurang lebih seperti ini:

BANTU SHARE PADA TEMAN

JANGAN ABAIKAN, TOLONG DI BACA:

Anda dapat menyelamatkan nyawa seseorang dengan share ini.

Air Liur+Buah = Obat Cancer”

Dr. Stephen memperlakukan pasien sakit Cancer dgn cara yg “un-ortodoks” & banyak pasien Sembuh!

Ia percaya pd penyembuhan alami dlm tubuh terhadap penyakit.

Obat utk Cancer sdh ditemukan!

Anda percaya?

Saya berdukacita bagi pasien cancer yg meninggal di bwh perawatan konvensional.

Pasien cancer tdk seharusnya mati !

Menurut DR. Shu, 3 generasi Sinshe di Taiwan:

Makan buah segar dan caranya!

Ini sangat informatif!

Umumnya makan buah berarti membeli buah, cuci, memotongnya & masukkan ke dalam mulut kita?

Tapi tidak semudah yg kita pikirkan! Pengetahuan penting bagaimana & kapan harus makan buah.

Cara yg tepat makan buah;

+ TIDAK MAKAN BUAH-BUAHAN.

SETELAH ANDA MAKAN.

+ BUAH HARUS DIMAKAN PD SAAT PERUT KOSONG.

BUAH ADALAH MAKANAN PALING PENTING!

BAHAYA! Buah bercampur dgn makanan lain akan membusuk & menghasilkan gas sehingga lambung akan kembung!

Menurut penelitian Dr Herbert Shelton;

Jika Anda telah menguasai cara yg benar makan buah2an,

Anda memiliki;

umur panjang,

selalu sehat,

Penuh energi,

tubuh dan pikiran jadi nyaman & berat badan normal.

Makan buah yg utuh segar dan bersih (Bukan buah/Juice kemasan kaleng/botol Plastik) lebih baik dari pada minum jus.

Tapi jika terpaksa minum jus, maka minumlah seteguk demi seteguk secara perlahan, karena Anda harus membiarkannya bercampur degan air liur Anda sebelum menelannya.

MINUM AIR ES SETELAH MAKAN = KANKER!!

Air dingin akan membuat makanan yang berminyak menjadi solid (beku)!

Hal ini akan menghambat proses pencernaan.

Ketika ‘lumpur’ tsb bereaksi dgn asam, maka akan jadi lemak bertoksin(Racun) & berbaris di dalam usus dan terserap dng sangat cepat! Sehingga menyebabkan Cancer!

Cara Terbaik adalah;

* Minum air hangat setelah makan

* Makan buah segar saat perut kosong.

(Buah + Air Liur Manusia = Obat Cancer).

=======

Note:

Ini adalah gambar pembedahan perut ketika proses operasi kanker lambung.

Lambung Bedah

——–

Resapi dulu sebentar… tarik napas…

OKE! SAYA AKAN KRITISI SECARA JELAS DAN TOTAL DENGAN PERSEPSI SAYA!

Pertama, obat kanker? Buah itu memang mengandung serat, vitamin, fruktosa, dan lain-lain. Air liur itu apa tau ngga? Air liur kita mengandung enzim ptyalin yang tidak lain merupakan enzim jenis amilase; mengubah karbohidrat kompleks pati atau amilum menjadi glukosa sederhana. Itu kenapa kalo kita makan roti atau nasi dan dikunyah sampai lama, rasanya akan jadi lebih manis. Di beberapa buah emang ada patinya dan bisa jadi gula sederhana pas kita makan. Di dalam air liur juga ada enzim lipase yang membantu mengurai lemak dan ini lah yang ngebantu bayi mencerna ketika lipase pankreas masih belum sempurna produksinya (Maton, 1993).

Di dalam air liur juga ada agen antibakteria, hormon gustin yang berperan dalam perkembangan sensor pengecap, dan iodin. Iodin yang kadarnya tergantung input iodin ke dalam tubuh kita ini berperan sebagai antioksidan, zat induktor apoptosis dan anti tumor yang berperan di dalam pencegahan penyakit di rongga mulut. Oke… mungkin ini yang disoroti ama penulis di atas. Tapi saya rasa ga ada hubungannya ama buah2an deh. Malah kalo kita mau coba, boleh! Pake makanan yang bisa nyerap air liur lebih banyak lah… kayak kentang tumbuk, roti, dan semacamnya… Satu hal tapi yang gw rasa, kadar iodin di air liur itu pasti sedikit banget. Jadi kalau pembaca merasa air liur ini adalah obat kanker? Saya rasa mungkin kita perlu air liur yang dikonsentrasikan sedemikian rupa untuk mengoptimalkan kadar iodin ini. So, I called this part of the myth: PLAUSIBLE.

Lanjut, makan buah sebelum makan… saya setuju. Sekali lagi saya ga mau menitikberatkan di hal kankernya ya. Terus apa? Makan buah di saat perut kosong itu membuat penyerapan nutrisi dan vitamin dari buah ini optimal di badan kita. Tapi ada disclaimer ya, jangan makan buah yang asam saat perut kosong. Nanti lambung kita malah sakit! Ah iya, ada juga… khusus lemon dan nanas, saya baru diberitahu oleh ibunya teman saya. Mungkin kita bisa bertanya kepada tukang jualan steak, atau sate, biasanya mereka tahu bahwa nanas bisa melunakkan daging. Ini berguna buat orang2 bergolongan darah A yang kurang kuat perutnya dalam mengkonsumsi daging merah dan malah bakal jadi buah konsumsi yang baik setelah kita makan.

Buah bakal busuk di lambung? Nggak bakal! Dari mana? Di lambung itu makanan ga bakal lama kok. Ditambah tingkat keasaman (pH) di lambung itu rendah sekali atau sangat asam karena ada asam klorida (HCl) di dalamnya. Bakteri di usus adalah bakteri yang bisa bertahan di pH serendah itu. Bakteri bawaan dari mulut atau luar? Belum tentu. Fermentasi di badan kita itu terjadi di usus, bukan lambung. Kalau kita kembung, saya rasa itu lebih ke jenis makanan yang kita konsumsi. Soda, kacang2an, ya… itu bisa menghasilkan gas. Tapi badan kita pun bisa meregulasikannya, maka dari itu kita bisa sendawa, atau buang angin. Kecuali kita makan dalam skala besar. Tapi sekali lagi, ga ada hubungannya sama buah2an setelah makan!

Soal jus, iya… itu kurang disarankan karena kadang jus sudah diberi pemanis, pengawet, atau bahkan pewarna buatan. Buah segar adalah yang lebih baik! Atau seenggaknya kalau kata saya ya, buat jus sendiri!

Terakhir, minum air dingin = kanker? Dari mana??  Untuk masuk ke lambung, air akan lewat kerongkongan. Suhu badan kita adalah 36-37˚ C. Saat air mengalir di dinding kerongkongan, air secara perlahan akan semakin hangat sampai tiba di lambung. Andaikan masih agak dingin, ga bakal lama. Tulisan di atas menyebutkan bahwa “lumpur” lemak yang bercampur dengan asam lambung akan jadi memicu kanker. Saya rasa lemak ga akan bereaksi di lambung dengan asam. Lemak2 ini baru akan terurai ketika terkena enzim lipase dari pankreas.

So, saya menyimpulkan:

  1. Buah memang baik sebagai appetizer tapi ada buah tertentu yang justru membantu pencernaan dan perlu dimakan terakhir
  2. Iodin di air ludah berpotensi untuk diteliti sebagai antikanker
  3. Minum air dingin ga akan menyebabkan kanker!

Begitu dari saya, saya harap kita di jaman yang media tersebar dengan luas ini bisa berhati2 dan menyaringnya dulu sebelum kita terima. Terlepas dari itu, saya akan sangat senang jika ada pembaca yang memberi masukan dan koreksi atas tulisan saya ini!

-AW-

Referensi

Maton, Anthea (1993). Human Biology and Health. Prentice Hall.ISBN 0-13-981176-1.

Sangat dianjurkan untuk membaca:

Fruit on Empty Stomach

Myth: Drinking Cold Water Causes Cancer

Iklan

2 Comments

  1. Jadi yg benar m*na nih? Saya Jadi bingung

    • Saya rangkum…
      1. Makan buah sebelum makan bisa mencegah kanker = SALAH. Makan buah sebelum makan tidak ada hubungannya sama sekali dengan kanker, yang ada hanyalah penyerapan nutrisi buah akan lebih optimal oleh tubuh. Air liur memang punya sedikit properti antikanker, tapi tidak terlalu signifikan jika bercampur dengan makanan yang jumlahnya lebih banyak. Kanker malah cenderung lebih disebabkan oleh makanan yang tidak sehat itu sendiri.

      2. Minum air dingin di waktu makan menyebabkan kanker = SALAH. Air dingin yang melewati kerongkongan akan naik suhunya, sehingga akan bersuhu lebih hangat begitu sampai lambung, dan tidak akan bereaksi apapun dengan lemak dan asam.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Bunny Eats Design

Happy things, tasty food and good design

Cooking in the Archives

Updating Early Modern Recipes (1600-1800) in a Modern Kitchen

sapereaude

Go ahead Universe, ping-pong Me as You please..

Jurnal Amdela

Saya menulis, maka Saya ada.

Mawi Wijna on WordPress

Just another Wijna's weblog

ARief's

just one of my ways to make history

mechacurious

curiosity on mechanical stuff, hobbies, and some more...

TOPGAN ORGANIZATION

TOPGAN organisasi yang turut membangun bangsa

ramdhinidwita

Please Correct Me If I am Wrong

Ganarfirmannanda's Blog

Just another WordPress.com weblog

My Life in Europe

because studying abroad isn't always about studying.

Silent Servant's Notes

Short Way to Serve Well

The Strangeman

Melihat Dunia Lewat Kacamata Pijar Riza Anugerah

Being Slaved by Figures

one figure at a time

the bakeshop

bread hunter + cycling + travelling + urban ecology + architecture + design

Catatan Perjalanan Sang Bayu

I know who I am. I know what I want. What about you?

Hari Prasetyo's Blog

Just super stories of my life

%d blogger menyukai ini: