Skip navigation

Mainan puzzle 3D yang dikenal sebagai Kubus Rubik ini 2-4 tahun kemaren sempat mengalami booming di media. Mulai dari speed cubing (bermain nyelesaikan kubus ini dengan cepet), main pake tutup mata, main pake kaki, sampe varian kubus ini yang mulai dari skala normal atau 3x3x3, 4x4x4, 5x5x5, bahkan sampe ada yang 12x12x12. Ga ngerti saya ama mereka yang mainin dengan kecepatan tinggi. Buat gw? Pusing gw… bahkan pas dulu saya masih SD, saya sempet berpikir buat nyabut stiker kubus ini dan dipasang lagi. Hahaha!

Untuk saya sendiri, saya lebih penasaran ama varian bentuk game dari game yang udah ada daripada sekedar nyari varian penyelesaiannya. Saat saya kuliah dan saya tergoda ama yang namanya eBay, saya sempat membeli varian bentuk Kubus Rubik berbentuk asimetris dengan warna metalik. Bentuknya… seperti ini:

Asymmetric_by_VongneeseShaper5889

Ini bukan all-spark

Awalnya sempet ngotak-atik dan yang ada malah gagal. Untung 2x saya acak2, saya berhasil benerin karena belum parah ngacaknya. Temen saya yang jago main Kubus Rubik dan rekor ngebenerin kubus yang udah teracak sempurna dalam 8 detik, bahkan dia perlu 20 menit dan yang kedua 4 menit dengan kubus asimetris di atas!

Tapi mungkin varian “duniawi” ini udah umum di kalangan para pemain Kubus Rubik ini. Sekarang… santapan utama dari bahasan ini; gimana kalo kita main “kubus” Rubik dengan dimensi yang beda??

2D… GILA SUSAH BANGET! HA HA HA… *sarkasme*

Cube 2D

Iya ga?

3D kan standar… kita skip…

4D (perlu program Java terpasang)…  Di satu sisi seru buat saya. Skala kesusahannya ga jauh dari kubus 3D, yang kita perlukan cuma logika dan pemikiran yang lebih tajam. Transendental…

Cube 4D

Lumayan lah ya?

5D… SUMPAH! INI APA?? Saya kira ini adalah hasil rancangan Borg Cube terbaru! Sampai sekarang saya ga tau gimana cara menyelesaikan; terlebih dari itu… mengoperasikannya aja saya masih bingung!!

Cube 5D

Pusing saya ngeliatnya!

Lihat gambar di atas? Kubus ini punya permutasi yang banyak banget! Bahkan setiap kubus di atas itu adalah kubus 4D, bukan 3 (perhatikan baik2!). Yang saya ga ngerti adalah, gimana ceritanya bisa ada yang menyelesaikan kubus 5D ini dari kondisi teracak?? Pasti ga ada kan? Apa?? ADA??

Terakhir… karena otak saya mulai puyeng… 7D

Cube 7D

APA INI??

Saya ga bisa ngomong apa2 lagi soal kubus di atas. Ga nyampe otak saya! Pertanyaannya lagi, kok bisa ada yang menyelesaikan kubus ini?? Ini adalah apa yang terpikir di kepala saya saat ini:

Yao Ming

*Yao Face* Ya udah lah ya…

Terlepas dari skala kesusahan permainan di atas, jujur saya kagum ngeliat kubus2 multidimensional yang dibuat itu. Di masa depan, apa mungkin ada kubus holografik untuk permainan ini? Kalo ada, pasti keren dan oke buat koleksi saya (ya, ngoleksi… mainnya nanti aja).

Rubik__s_Cube_4D_by_VongneeseShaper5889

Biar susah maininnya, tetep keren dipajang!

Sekian dari saya soal obrolan game sore ini. Ada yang tertarik untuk mengisi hall of insanity itu?

-AW-

PS: Sumber terhubung langsung di setiap link dan gambar2 di atas sebagian dari link terkait, sebagian dari dA saya.

Iklan

One Comment

  1. Hello, salam kenal ya! numpang info, Jo Cubes sedang mengadakan kompetisi mini dimana setiap peserta akan diminta untuk membuat sebuah artikel pendek mengenai Jo Cubes minimum sebanyak 1000 kata di (blogger, wordpress, tumblr, livejournal, etc) lalu buatlah hyperlinks (anchor text) atas website kami: Toko Rubik Jo Cubes – Jual Rubik Speedubes | Beli Rubik Online pada web/blog anda.
    Contoh:
    Jo Cubes adalah toko rubik online yang berlokasi di Jakarta Barat. Koleksi speedcubes & puzzles yang dijual di Jo Cubes termasuk lengkap. Menurut saya, harga-harga rubiks & puzzles yang dijual sangat terjangkau oleh pelajar manapun karena tergolong murah. Dari segi material, komposisi materi plastik dan keawetan sticker nya terbilang bagus karena kualitas nya yang tinggi. Mengenai packaging dari paket Jo Cubes, sangatlah susah untuk dibuka karena Jo Cubes menggunakan bubble wrap yang sangat tebal untuk menjamin paket tahan benturan. Apabila kamu tertarik untuk membeli speedcubes dan twisty puzzles lain nya di Jo Cubes , kamu bisa mengunjungi langsung website nya di:

    Toko Rubik Jo Cubes – Jual Rubik Speedcubes | Beli Rubik Online

    Bagi pemenang dengan tulisan yang paling menarik dan kreatif berhak memenangkan bingkisan rubik yang menarik dari Jo Cubes.
    Kami tunggu partisipasi nya. Terima kasih dan salam cubing.

    Syarat & ketentuan dalam mengikuti kompetisi mini Jo Cubes:
    1. Mempunyai blog/website yang aktif
    2. Daftarkan diri anda melalui email di jo.cubes@yahoo.com
    3. Nama pemenang akan diumumkan pada 11 May 2013


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Bunny Eats Design

Happy things, tasty food and good design

Cooking in the Archives

Updating Early Modern Recipes (1600-1800) in a Modern Kitchen

sapereaude

Go ahead Universe, ping-pong Me as You please..

Jurnal Amdela

Saya menulis, maka Saya ada.

Mawi Wijna on WordPress

Just another Wijna's weblog

ARief's

just one of my ways to make history

mechacurious

curiosity on mechanical stuff, hobbies, and some more...

TOPGAN ORGANIZATION

TOPGAN organisasi yang turut membangun bangsa

ramdhinidwita

Please Correct Me If I am Wrong

Ganarfirmannanda's Blog

Just another WordPress.com weblog

My Life in Europe

because studying abroad isn't always about studying.

Silent Servant's Notes

Short Way to Serve Well

The Strangeman

Melihat Dunia Lewat Kacamata Pijar Riza Anugerah

Being Slaved by Figures

one figure at a time

the bakeshop

bread hunter + cycling + travelling + urban ecology + architecture + design

Catatan Perjalanan Sang Bayu

I know who I am. I know what I want. What about you?

Hari Prasetyo's Blog

Just super stories of my life

%d blogger menyukai ini: