Skip navigation

Gambar

Pernah ngga kalian baru bangun pagi2, terus kalian “nongkrong” di WC? Kecuali kalian ada masalah ama sistem pencernaan kalian, pasti rasanya ada kenikmatan tersendiri. FYI, “teori” random yang akan saya tulis di sini ga ada hubungannya sama penyakit sembelit. Tapi saya akan membahas soal hal2 random tentang saat di WC. Tenang, bahasan saya Insya Allah sifatnya safe for work kok.

Frase “teori konstipasi” ini sebenarnya saya dapet inspirasi dari guru Bahasa Jepang saya, Rizki Musthafa Arisun waktu saya berkunjung ke rumah beliau dan frase itu emang hasil plesetan dari “teori konspirasi”, teori yang biasanya “wah, jangan2 di balik <hal X> ada makna Y yang tersembunyi yang dilakukan orang2 yang ga pernah keliatan!”. Saya kemudian setuju dengan pernyataanan yang mengatakan: Kadang ide2 baik keluar di tempat yang kotor.

Coba pikir, ada berapa sih di antara kita semua yang kalo lagi ga buru2, kita nongkrong di WC sambil mikir atau mengkhayal atau mungkin merenung dalam waktu lama? WC itu biasanya adalah tempat yang sangat tenang sehingga kita terpicu untuk berpikir. Apa aja yang biasanya terpikirkan? Kalo saya sih jujur, saya punya pola seperti ini…

  1. Kalo pagi, saya kadang mikir tentang apa makna tersirat dari mimpi saya, mencari ide untuk kegiatan hari ini, dan problem solving plans atas masalah yang terjadi.
  2. Kalo siang, paling saya cuma secara simpel mikir “gw pengen makan apa ya?”, terus nyari ide lagi, nyoba nyari rencana jalan2 dengan budget memadai, atau lanjutan problem solving atas masalah saya.
  3. Kalo malem, pikiran saya lebih ke bersifat evaluasi. Biasanya saya mikir apa yang saya lakuin hari ini udah optimal belum ya, terus besok mau ngapain lagi ya, hal oke apa aja yang saya dapatkan hari itu atau bahkan siapa gadis tercantik/manis yang sedikit mengetuk hati saya hari itu. Oke, soal yang terakhir saya ga mau bahas. Hehehe.

Kalo diringkas, saya jadi merasa apa kata mentor2 saya dan danlap ( = komandan lapangan, pengatur utama acara lapangan dan orator harian di OSKM ITB) itu bener. Segala aspek di kehidupan sehari2 itu yang bener ada 3 sesi: briefing, eksekusi, dan evaluasi. Briefing… jelas, tanpa sesi ini kita ga tau arah kegiatan kita sehari2 itu gimana. Bahkan di sela2 sesi eksekusi, briefing ini kadang tetap perlu agar kegiatan hari itu terkontrol. Eksekusi, ya kalo dirancang tapi ga dilakuin sama aja bohong. Terus ada evaluasi, kalo kegiatan seharian itu ga dibahas ulang, kita ga akan dapat pelajaran untuk bisa menjalani hari dengan lebih baik di besoknya.

Terus, menurut saya apa hal paling menarik saat sedang nongkrong ini? Menurut saya, yang paling asik itu adalah soal pikiran pagi2 soal mimpi. Menurut saya, bunga tidur itu kadang punya alasan tersendiri untuk muncul. Terus kok saya bisa inget ama mimpi saya? Mimpi kan biasanya terlupakan begitu aja! Tenang… saya punya triknya…

  1. Setuju ama pernyataan di film Inception, selama beberapa menit setelah bangun kita akan ingat maksimum 80% mimpi kita. Ingat itu! 
  2. Saya juga setuju bahwa momen2 berkesan dalam hidup itu biasanya memorable. Ya kan?
  3. Jadi, saya biasanya begitu saya bangun, saya langsung mengakses alam bawah sadar saya dan mengingat mimpi saya sebelum menguap. Biasanya pada akhirnya saya akan ingat maksimum 60% dari total mimpi. Itu maksimum ya.

DISCLAIMER: Kemampuan ini ada efek sampingnya. Karena memori nyata dan memori mimpi tersimpan di satu “wadah” yang sama, kalo setting tempat atau pemain di dalam mimpi itu real, kita bakal lebih sering mengalami deja vu. Hal di mana kita merasa udah pernah mengalami hal yang kita alami. Intinya, keep mindful about the barrier point of your dreams and reality.

Mimpi itu buat saya artinya bisa macem2. Yang pertama adalah cerminan dari apa yang saya paling inginkan. Misal di mimpi, saya megang iPhone 5. Bisa jadi walau saya denial, saya pengen banget punya itu gadget, atau itu menjadi pertanda bahwa apa yang saya lakukan sehari2 itu saya obsesif banget untuk punya iPhone 5. Yang kedua, mimpi adalah refleksi dari rasa takut kita. Misal saya mimpi proyek penelitian saya gagal. Bisa jadi itu adalah ketakutan yang cukup kuat yang harus kita lawan. Yang terakhir, yang ketiga adalah mimpi itu adalah peringatan awal. Walaupun jarang, poin ketiga ini biasanya terjadi karena 2 hal: faktor analisis bawah sadar otak, atau faktor supranatural/transendental. Faktor analisis bawah sadar otak itu artinya hasil pemikiran tanpa sadar yang dilakukan otak kita. Misal, pernah gak waktu kita kebingungan ama suatu hal, terus kita dapet petunjuk step by step atas masalah yang kita dapet di mimpi kita. Kalo saya dengan cara 3 hal yang saya bahas di atas, saya akan coba mengingat dan melakukan. Pernah kejadian saat kecil, waktu saya punya tamagochi dan saya bingung gimana mematikan suaranya (ga penting ya? bodo amat!). Kalo faktor supranatural atau transendental, itu biasanya terjadi sebagai divine intervention berupa pertanda dari Tuhan. Kalau untuk umat Muslim, bisa jadi ini adalah jawaban sholat Istikharah, atau doa kita. Saya ga inget pernah ngalamin ini, cuma contoh simpelnya biasanya ada di film2 kok. Hehehe.

Ah, udah ah itu dulu bahasan kita. Intinya, jangan terlalu menghiraukan mimpi kita karena mimpi adalah apa yang otak kita coba tunjukkan kepada kita (ya… mimpi bisa jadi adalah hasil rapat konspirasi sel2 neuron kita), dan jangan remehkan inspirasi dan ide yang kita dapatkan saat kita “nongkrong” di WC, karena bisa aja ide dan inspirasi itu akan jadi sensasional saat kita wujudkan di kehidupan kita sehari2. Kalo ada yang nanya soal “dari mana lo dapet ide keren itu?” bilang aja “hasil perumusan teori konstipasi!”

Have a nice day!

Sumber gambar:  http://www.leragecomics.com/index.php/rage-comics/le-toilet-time/ (terus diedit sedikit)

One Trackback/Pingback

  1. […] dari posting saya sebelumnya tentang pemikiran keras saat di WC, Rey menyampaikan ke saya bahwa saat kita di WC dan diam, otak kita berada di kondisi theta. […]

Tinggalkan Balasan

Bunny Eats Design

Happy things, tasty food and good design

Cooking in the Archives

Updating Early Modern Recipes (1600-1800) in a Modern Kitchen

sapereaude

Go ahead Universe, ping-pong Me as You please..

Jurnal Amdela

Saya menulis, maka Saya ada.

Mawi Wijna on WordPress

Just another Wijna's weblog

ARief's

just one of my ways to make history

mechacurious

curiosity on mechanical stuff, hobbies, and some more...

TOPGAN ORGANIZATION

TOPGAN organisasi yang turut membangun bangsa

ramdhinidwita

Please Correct Me If I am Wrong

Ganarfirmannanda's Blog

Just another WordPress.com weblog

My Life in Europe

because studying abroad isn't always about studying.

Silent Servant's Notes

Short Way to Serve Well

The Strangeman

Melihat Dunia Lewat Kacamata Pijar Riza Anugerah

Being Slaved by Figures

one figure at a time

the bakeshop

bread hunter + cycling + travelling + urban ecology + architecture + design

Catatan Perjalanan Sang Bayu

I know who I am. I know what I want. What about you?

Hari Prasetyo's Blog

Just super stories of my life

