Skip navigation

Gambar

saya: Saya pengen buat metode untuk ngekultur jaringan langsung di alam tanpa sterilisasi…

Via: Emang bisa kak? Kan yang ada konta!

saya: Ya justru itu yang saya pengen coba… belum tau gimana caranya…

Via: Wah kalo bisa oke banget kak! Itu nolongin anak2 yang lagi TA banget!

Kultur jaringan tanaman itu metode mutakhir yang bener2 wah untuk memperbanyak tanaman. Gimana nggak? Bayangin kita bisa ngambil secuil daun, batang atau bagian tanaman lain yang masih hidup, kita proses sedemikian rupa, terus kita masukkan ke dalam media yang dipopulerkan oleh Murashige & Skoog (makanya nama media itu media MS). Cuma, satu masalahnya: Sterilisasi. Yang namanya media MS itu isinya nutrisi. Ga usah tanaman yang kita mau, jamur aja suka. Liat aja gambar di atas! Itu hasil kultur gw yang FAIL. Obrolan singkat gw dengan adek kelas gw di lab, Via, dan hampir sebulan sebelumnya dengan dosen dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Dr. Any Fitriani (sebut aja Bu Any), sang botani yang sering saya ajak diskusi selain dosen saya sendiri itu, menyimpulkan bahwa sampai sekarang belum ada cara untuk secara terbuka (non lab) mengatasi masalah kontaminasi kultur itu. Terus gimana dong?? Ga tau… masih jadi angan2 buat gw, cita2 sih tepatnya, untuk saya bisa menanam tanaman dari secuplik daun, tinggal diletakkan di atas suatu tempat dan dalam jangka waktu tertentu, cuplikan daun tadi berkembang jadi tanaman utuh lagi. Ajaib, kayak di manga Doraemon. Tertarik? Saya sih banget! Taun ini, kalo saya ada waktu, saya mau nyoba nyampur2in bahan ama MS. Semoga aja ada pencerahan dalam 4 bulan ini… Foto oleh: Soraya Mahani (Oya)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Bunny Eats Design

Happy things, tasty food and good design

Cooking in the Archives

Updating Early Modern Recipes (1600-1800) in a Modern Kitchen

sapereaude

Go ahead Universe, ping-pong Me as You please..

Jurnal Amdela

Saya menulis, maka Saya ada.

Mawi Wijna on WordPress

Just another Wijna's weblog

ARief's

just one of my ways to make history

mechacurious

curiosity on mechanical stuff, hobbies, and some more...

TOPGAN ORGANIZATION

TOPGAN organisasi yang turut membangun bangsa

ramdhinidwita

Please Correct Me If I am Wrong

Ganarfirmannanda's Blog

Just another WordPress.com weblog

My Life in Europe

because studying abroad isn't always about studying.

Silent Servant's Notes

Short Way to Serve Well

The Strangeman

Melihat Dunia Lewat Kacamata Pijar Riza Anugerah

Being Slaved by Figures

one figure at a time

the bakeshop

bread hunter + cycling + travelling + urban ecology + architecture + design

Catatan Perjalanan Sang Bayu

I know who I am. I know what I want. What about you?

Hari Prasetyo's Blog

Just super stories of my life

%d blogger menyukai ini: